Aplikasi client server ?

banyak yang masih binggung dengan istilah di atas, sewaktu saya dulu awal kenalan sama programming saya punya pemahaman bahwa client server berarti harus menggunakan 2 komputer, kalau hanya menggunakan 1 komputer maka namanya client aja. setelah mencari tau ini pengertian saya versi sekarang dan semoga ini membantu yang lagi kesusahan tentang pengertian dari aplikasi client server.

komputer terdiri dari 3 komponen, yaitu : software, hardware, dan brainware.

apabila ada salah satu dari 3 komponen tidak ada maka komputer tidak bisa bekerja

pertama, apa arti dari server : penyedia layanan. karena yang di bahas itu aplikasi server, aplikasi adalah software, maka aplikasi server adalah sofware yang menyediakan layanan.

kedua apa arti dari client : pengguna layanan, karena yang di bahas itu aplikasi, maka aplikasi client adalah software yang menggunakan layanan aplikasi server.

ketiga, kareda keduanya merupakan sofware maka, bisa saja 2 software itu berjalan di satu hardware yang sama, dan dijalankan oleh 1 brainware.

contoh :
saya membuat suatu website, menggunakan DHTML dan PHP, saya mendeploy script saya di server, ada apache, IIS, dan lainnya, atau mau menggunakan paket, ada xampp, appserv, dan lainnya. untuk melihat hasilnya maka saya menggunakan browser, contoh firefox, opera, dan lainnya.

ini penjelasannya :

software server -> apache, dan lainnya …
software client -> firefox, opera dan lainnya…

nah itu namanya client server, dimana ada server yang memberikan layanan dan client yang menggunakan layanan. dari penjelasan di atas tentu, untuk mendeploy dan melihat hasil script, kita tidak memerlukan 2 komputer, 1 komputer pun sudah cukup, tinggal install software server dan client nya…

selanjutnya kalau dipisahkan hardwarenya gimana ?, jadi ada 1 hardware yang di install aplikasi server, dan 1 hardware lagi yang di install aplikasi client. apa ini juga client server ?, jawabannya ya sama saja, mau hardwarenya di pisah ataupun tidak, kalau sudah di install aplikasi client ataupun aplikasi server namanya aplikasi client server.

Disebut Aplikasi Server, karena softwarenya yang menyediakan layanan, dan aplikasi client karena softwarenya menggunakan layanan. walaupun ke2nya dijalankan pada 1 hardware, dan oleh 1 brainware.

Disebut komputer server, karena hardware+software+brainware nya, khusus hanya menyediakan layanan, dan komputer client, karena hardware+software+brainware nya, khusus hanya menggunakan layanan.

semoga bermanfaat 🙂

Leave a comment